Penulis / NIM
ASTARINA / 441409075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
ABSTRAK
Astarina, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui Pendekatan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Kabila). Pembimbing 1 Drs. Mangara Sihaloho M.Pd dan Pembimbing II Dra. Weny J. A Musa, M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan Problem Posing dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian diperoleh dari tes awal dan tes akhir dan dianalisis dengan menggunakan pengujian normalitas, homoginitas dan pegujian hipotesis.
Hasil analisis uji hipotesis untuk dk = 62 dan taraf nyata 0,05 didapat thitung ? ttabel (2,363 ? 1,999) sehingga H0 ditolak dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui pendekatan Problem Posing dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Perbedaan tersebut ditunjukan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 35,24%, sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 26,39%.
Kata Kunci : Kooperatif tipe STAD, Problem Posing, Hasil Belajar Siswa
Download berkas