Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
ABSTRAK
ANWAR, ZOIS. 2014. “PengaruhStrategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pengetahuan Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny JA Musa, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd, MM
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group desaign. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar hidrokarbon pada siswa kelas X dengan menjadikan pretest sebagai covariatnya; dan (2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap retensi pengetahuan hidrokarbon pada siswa kelas X dengan menjadikan pretest sebagai covariatnya. Sampel berjumlah 55 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi hidrokarbon. Hasil uji validitas tes menunjukkan sebanyak 20 soal yang valid dan hasil reliabilitas tes menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu sebesar 0,875%. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan awal (pre-tes) dan tes hasil belajar (post-tes) serta tes retensi (re-tes) dan dianalisis secara inferensial.Analisis data dilakukan menggunakan analisis kovarians (ANACOVA) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 52 diperoleh nilai Fhitung = 63,007 > dari Ftabel (0,05) (1,52) = 4,027 dan H0 di tolak. Hasil analisis data untuk retensi menunjukan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 52 diperoleh nilai Fhitung = 69,861 > dari Ftabel (0,05) (1,52) = 4,027 dan H0 di tolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri cenderunglebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan retensi pengetahuan hidrokarbon siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Hidrokarbon