Penulis / NIM
YUSTIN ZAKARIA / 441410007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Yustin Zakaria, 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar kimia koloid siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kwandang tahun pelajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Weny J.A Musa, M.Si dan pembimbing II: Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd, MM.
Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terhadap hasil belajar kimia koloid siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kwandang tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian true-eksperiment design. Bentuk penelitian postest only control design and pretest control group design. Variabel bebas yang digunakan yaitu pendekatan pembelajaran SETS dan variabel terikat hasil belajar koloid. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling dengan cara pengambilan sampel berkelompok. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan esay 10 butir soal. Analisis data menggunakan analisis inferensial dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu terima H0 jika thitung â ttabel atau tolak H0 jika thitung â ttabel. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SETS pada materi kimia koloid dengan hasil analisis yang menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 6,521 dan ttabel = 2,000 dimana 6,521 > 2,000, sehingga H0 berada pada daerah penolakkan atau dengan kata lain menerima Ha.
Kata kunci: Pendekatan pembelajaran SETS dan kimia koloid.
Download berkas