Penulis / NIM
NURSANTI ABAS / 441410010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
Ilmu kimia dapat dipahami melalui tiga aspek representasi kimia yaitu representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik, yang saling keterkaitan satu sama lain. Representasi submikroskopik merupakan faktor kunci pada kemampuan multiple level representasi tersebut. Ketidakmampuan merepresentasikan aspek submikroskopik dapat menghambat kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena makroskopik dan simbolik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui representasi submikroskopik siswa dalam memahami konsep kelarutan zat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Anggrek sebanyak 25 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), di mana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian yaitu 25 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif beralasan setengah terbuka sebanyak 15 soal. Hasil uji coba instrumen diperoleh validitas isi sebesar 95,6 % dan koefisien reliabilitas 0,81. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi submikrosopik siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Anggrek tentang konsep kelarutan zat tergolong dalam kategori sangat rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya persentase rata-rata siswa yang menjawab benar sebesar 36,95 % dan menjawab salah sebesar 63,05 %. Fakta ini menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa mengetahui gambaran mikroskopik tentang konsep kelarutan zat.
Kata Kunci : Representasi, submikroskopik, kelarutan
Download berkas