Penulis / NIM
ZULAEHA M. ABDULLAH / 441410013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Zulaeha M Abdullah. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Koloid. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada materi koloid, 2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah pada materi koloid, 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran jigsaw dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada materi koloid. 4) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, 5) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada siswa yang memiliki motivasi rendah. Sampel dalam penelitian ini untuk kelompok eksperimen sebanyak 23 siswadan 23 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar koloid siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (ceramah), (2) hasil belajar koloid siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) ada pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, (4) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah), dan (5) pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran jigsaw.
Kata kunci: Kooperatif tipe jigsaw, motivasi berprestasi, hasil belajar kimia.
Download berkas