Penulis / NIM
NURAMI PULUMODUYO / 441410030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit pada siswa kelas Xi IPA SMA Negeri 3 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi berjumlah 78 siswa dan sampel berjumlah 45 siswa yang ditentukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda beralasan sebanyak 15 soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Gorontalo Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit sebagai berikut: (1) Kemampuan pemahaman siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non-elektrolit melalui percobaan tergolong dalam kategori baik yaitu 77,78%, (2) kemampuan pemahaman siswa dalam mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non-elektrolit berdasarkan daya hantar listrik tergolong dalam kategori baik yaitu 83,56%, (3) kemampuan pemahaman siswa dalam menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik tergolong dalam kategori cukup yaitu 66,67%, dan (4) kemampuan pemahaman siswa dalam mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar tergolong dalam kategori rendah yaitu 42,78%. Secara keseluruhan kemampuan pemahaman siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam kategori cukup yaitu 67,70%.
Kata Kunci:Pemahaman Konsep, Elektrolit, Non-Elektrolit
ABSTRACT
This research aimed at identifyng students' understanding on material of electrolyte and non-electrolyte at class XI Senior High School (SMA) Negeri 3 Gorontalo Utara. This is a descriptive qualitative research with population is 78 students and sample is 45 students that determined with simple random sampling. The instrument used is reasoned multiple-choice test for 15 tests. The source of thr data is students at class XI of Natural Science (IPA) in SMA Negeri 3 Gorontalo Utara, academic year 2016/2017. This research showed that the ability of students' understanding on material of electrolyte and non-electrolyte are; (1) the ability of students' understanding on identifing charcters of electrolyte and non-electrolyte material in categorized good is 77,78%, (2) the ability of students' understanding on grouping characters of electrolyte and non-electrolyte based on electrolical conductivity in categorized good is 833,565, (3) the ability of students' understanding on explaining the cause of electrolyte solution ability on electrolical conductivity in categorized enough is 83,56%, and (4) the ability of students' understanding on the scribe that electrolyte solution can be ionic compounds and Polar covalent compounds in categorized less is 42,78%. Overall, the ability of students' understanding on material of electrolyte and non-electrolyte in categorized enough is 67,70%..
Keyword; Understanding on Concept, Electrolyte, Non-electrolyte
Download berkas