Penulis / NIM
NURHAYATI ANWAR / 441410039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Anwar. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dr. Astin P. Lukum, M.Si dan Pembimbing II La Alio, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Sampel berjumlah 61 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran pendekatan saintifik dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen yaitu tes materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh jumlah nilai post-test kelas eksperimen sebesar 2542 dengan rata-rata nilai 87,65. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai post-test sebesar 2481 dengan rata-rata nilai 77,53. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 59 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,880 > 2,003. H0 berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Hasil Belajar.
Download berkas