SKRIPSI

Penulis / NIM
SESILIA MOKOGINTA / 441410041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Sesilia Mokoginta. NIM 441 410 041. Analisis Kesalahan Konsep Siswa SMA Nageri 1 Telaga Biru Kelas XI IPA pada Materi Stoikiometri Khususnya Konsep Mol. (Suatu Penelitian Pada Siswa SMA Negeri 1 Telaga Biru Kelas XI IPA T.A 2015/2016). Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilamu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Opir Rumape, M.Si, (2) Julhim S Tangio, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep siswa pada materi konsep mol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Telaga Biru T.A 2015/2016 yang berjumlah 67 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda beralasan (Tes Multiple Choice dengan Reasoning Terbuka) yang berjumlah 17 nomor soal yang dibuat berdasarkan indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep yang dialami siswa pada mengkonversikan jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volume zat yaitu siswa tidak dapat mendefinisikan mol dengan benar sebesar 32,83%, siswa lupa hafalan sebesar 26,86%, siswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dalam soal sebesar 25,37%, siswa tidak dapat menata ulang suatu persamaan sebesar 16,41%, siswa tidak dapat menjelaskan hubungan mol dengan massa sebesar 38,8%, siswa salah dalam menentukan jumlah mol sebesar 34,32%, siswa salah dalam menentukan massa molekul relatif sebesar 29,85%, siswa salah dalam menentukan jumlah mol dan massa molekul relatif sebesar 64,17%, siswa tidak paham asal rumus sebesar 29,85%, siswa salah dalam menentukan tetapan gas dan perubahan suhu sebesar 41,79%, siswa salah pada pengunaan rumus dan penentuan volume molar sebesar 43,28%, siswa salah dalam menentukan jumlah mol dan menata rumus sebesar 55,21% siswa lupa hafalan sebesar 47,76%, siswa salah dalam mengunakan rumus sebesar 25,37%, siswa salah menerapkan rumus dan menentukan jumlah mol sebesar 31,34%
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011