Penulis / NIM
BAMBANG / 441410046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Bambang, (2015). "Identifikasi Hirarki Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo pada Materi Ikatan Kimia". Suatu penelitian pendidikan deskriptif kualitatif. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Weny J.A Musa, M.Si dan pembimbing 2 Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hirarki pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo pada materi ikatan kimia berdasarkan kategori pemahaman terjemahan, pemahaman penafsiran dan pemahaman ekstrapolasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo pada materi ikatan kimia dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik porposive Sampling dengan subyek dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo dengan objek penelitian siswa kelas X MIA-1 dan kelas X MIA-3 sebanyak 60 orang siswa. Pengukuran kemampuan hirarki pemahaman siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berbentuk tes uraian yang didasarkan pada kategori pemahaman terjemahan, pemahaman penafsiran dan pemahaman ekstrapolasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata hirarki pemahaman siswa pada materi ikatan kimia tergolong sangat rendah sebanyak 25,39 %, yang meliputi pemahaman terjemahan sebesar 25,93 %, pemahaman penafsiran sebesar 25,37 % dan pemahaman ekstrapolasi sebesar 24,86 % .
Kata kunci: Identifikasi, hirarki pemahaman,pemahaman siswa dan ikatan kimia
Download berkas