Penulis / NIM
YULDA / 441410048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Yulda, 2015. Identifikasi Tingkat Kemampuam Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Persamaan Reaksi dan Konsep Mol. (penelitian pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapa). Skripsi, Jurusan pendidikan kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd , (2) Suleman Duengo, S.Pd. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi persamaan reaksi dan konsep mol di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tapa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tapa tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 47 siswa yang terdiri dari kelas XI IPA1 23 orang siswa, kelas XI IPA2 24 siswa. Data pada penelitian ini berupa data hasil tes kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan tes bentuk uraian yang dibuat sesuai indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan pada materi persamaan reaksi adalah 62.66% sedangkan pada materi konsep mol adalah 41.30% dan rata-rata tingkat kemampuan berfikir kreatif adalah 51.98%. Artinya bahwa tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tapa pada materi persamaan reaksi dan konsep mol tergolong dalam kategori tidak kreatif.
Kata kunci : kemampuan, berfikir kreatif, open ended, persamaan reaksi, konsep mol
Download berkas