Penulis / NIM
WINA PIOLA / 441410049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Wina Piola. 2016. Analisis Pemahaman Konsep Larutan Asam Basa Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo Melalui Penggunaan Tes Diagnostik Three-tier Multiple Choice. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman dan kesalahan pemahaman (miskonsepsi) siswa pada konsep larutan asam basa di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo pada tahun ajaran 2016/2017. Adapun populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Kota Gorontalo yang berjumlah 137 siswa dan sampel sejumlah 79 siswa (siswa kelas XII IPA 1, XII IPA 3 dan XII IPA 5) dimana pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian jenis dekriptif kualitatif dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Diagnostik three tier multiple choice. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kategori kemampuan pemahaman siswa pada konsep larutan asam basa adalah (29,17%) untuk kategori paham konsep, (16,24%) untuk kategori tidak paham konsep (TPK) dan (54,59%) untuk kategori salah konsep (miskonsepsi). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman siswa melalui penggunaan tes three tier multiple choice masih di kategorikan rendah.
Kata kunci : Pemahaman konsep, Larutan asam-basa. Tes Diagnostik Three-tier Multiple Choice,
Download berkas