Penulis / NIM
SRI SUSANTI MASSI / 441410050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
Sri Susanti Massi. 2015. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa yang Mengalami Miskonsepsi Kimia Pada Mata Kuliah Kimia Dasar I. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran miskonsepsi kimia mahasiswa dan (2) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada mata kuliah kimia dasar I. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III jurusan pendidikan kimia UNG yang berjumlah 49 orang. Data dikumpulkan melalui instrument tes dengan teknik Certainty of Response Index (CRI) untuk memperoleh tingkat keyakinan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan, dan pemberian angket untuk melihat minat belajar mahasiswa. Data hasil CRI dianalisis berdasarkan kriteria penentuan miskonsepsi dan data hasil angket dianalisis dengan analisis korelasi menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan diuji menggunakan uji t pada taraf = 0,05. Dari analisis data diketahui mahasiswa yang tahu konsep kimia dasar I adalah 5,15%, yang mengalami miskonsepsi kimia sekitar 43,15% dan yang tidak paham atau tidak tahu konsep sebesar 51,69%. Minat belajar mahasiswa juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,38 > 1,68 dan didukung oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,328 atau koefisien korelasi r yang hanya sebesar 0,10758, dimana terdapat faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi hasil belajar mahasiswa salah satu di dalamnya terdapat miskonsepsi kimia sebesar 43,15% dan tidak paham atau tidak tahu konsep sebesar 51,69%.
Kata Kunci : Miskonsepsi Kimia, Minat Belajar, Hasil Belajar Mahasiswa
Download berkas