Penulis / NIM
DIAN NUR / 441410056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Abstrak
ABSTRAK
Dian Nur. 2015, Identifikasi kemampuan siswa menyelesaikan soal persamaan reaksi dan perhitungan kimia menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument (SMA Negeri 1 Tapa). Skripsi, Jurusan Pendidkan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan pembimbing II Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa menyelesaikan soal persamaan reaksi dan perhitungan kimia pada konsep mol dengan menggunakan tes three-tier multiple choice diagnostik instrument. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa dengan subjek penelitian sebanyak 3 kelas, pada kelas XI IPA1, XI IPA2 dan XI IPA4 yang keseluruhannya berjumlah 63 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitan deskriptif. Instrumen penelitian berupa tes three-tier multiple choice diagnostic instrument yang terdiri dari 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata presentase kemampuan siswa pada materi persamaan reaksi adalah 13.76% yang paham, 47.09% yang tidak paham, 39.15% yang mengalami miskonsepsi sedangkan perhitungan kimia pada konsep mol adalah 19.05% yang paham, 48.07% yang tidak paham, 32.88% yang mengalami miskonsepsi dan rata-rata keseluruhan presentase kemampuan siswa 16.41% yang paham, 47.58% yang tidak paham, 36.02% yang mengalami miskonsepsi. Hal ini menunjukan bahwa presentase kemampuan siswa SMA Negeri 1 Tapa dalam menyelesaikan soal persamaan reaksi dan perhitungan kimia pada konsep mol dengan menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument tingkat kemampuannya sangat rendah dan lebih banyak yang dikategorikan siswa tidak paham konsep.
Kata kunci : Kemampuan, Konsepsi, Three-tier Multiple Choice Diagnostic Instrument, Persamaan Reaksi, Perhitungan Kimia.
Download berkas