Penulis / NIM
SRI AYU SAPUTRI DAUD / 441410065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ayu Saputri Daud. 2014. Identifikasi Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Zat dengan Menggunakan Instrumen Tes Tiga Tingkat (Three-Tier Test) Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Model Limboto Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran tingkat pemahaman konsep perubahan wujud zat siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto yang terkait dengan konsep-konsep yang tidak dipahami siswa dan kesalahan-kesalahan konsep yang dialami siswa, dan (2) Persentase siswa yang dikategorikan paham konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto yang berjumlah 250 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswa yang diambil dengan tekhnik purposif sampling yang terdiri dari kelas VII1, VII4 dan VII8. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes tiga tingkat (Three-tier test) yang terdiri dari 15 item soal. Hasil uji instrumen tes diperoleh tingkat validasi isi sebesar 93,3% dan reliabilitas 0,77.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat pemahaman siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto pada konsep perubahan wujud zat yaitu untuk siswa kelas VII1 termasuk dalam kategori rendah yakni 45,5%, kelas VII4 32,5% termasuk dalam kategori sangat rendah, dan untuk kelas VII8 25,1% termasuk dalam kategori sangat rendah. Persentase rata-rata jawaban benar siswa secara keseluruhan adalah 34,4%, hal ini menunjukkan gambaran tingkat pemahaman siswa kelas VII MTs Negeri Model Limboto termasuk dalam kategori sangat rendah. Dari 9 indikator yang diujikan ditemukan 34,4% siswa yang dikategorikan paham konsep, 34,5% siswa yang dikategorikan tidak paham konsep dan 30,8% siswa yang dikategorikan miskonsepsi.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Instrument Three-Tier Test, Konsep Perubahan Wujud Zat
Download berkas