Penulis / NIM
LILIS I. USMAN / 441411019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Lilis I. Usman, 2015. Deskripsi kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal asam-basa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Lukman A R Laliyo M.Pd., MM. Pembimbing (2): Julhim S. Tangio S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konseptual dan Algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal asam-basa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penguasaan konsep asam-basa melalui tes essay sebanyak 10 soal yang terdistribusi 5 soal tes pemahaman konseptual dan 5 soal tes pemahaman algoritmik. Sumber data pada penelitian ini adalah 92 orang siswa yang diambil secara acak dari 2 sekolah yang masing-masing setiap sekolah berjumlah 46 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa (42,17%) dan pemahaman algoritmik siswa (37,17%) keduanya termasuk dalam kategori sangat rendah.
Kata kunci: Pemahaman Konseptual, Pemahaman Algoritmik, Asam-Basa.
ABSTRACT
Lilis I. Usman, 2015. Description of conceptual understanding abilities and students algorithmic in solving acid-base questions. Thesis, Department of chemistry, State university of Gorontalo. Supervisor (1) Dr. Lukman A R Laliyo, Pd, MM. Supervisor (2): Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd. the aim of this research is to describe conceptual understanding skill and students algorithmic in solving acid-base questions. This research is descriptive research. The data that used in this research is governance acid-base concept test by essay test as many 10 question that terdistribusi 5 question of conceptual understanding test and 5 algorithmic understanding test. The source of data is 92 students that take as randomly of 2 schools that every school has 46 students. The result of research is to show that students conceptual understanding (42,17%) and students algorithmic understanding (37,17%) the both including very lowly categorize.
Keywords: Conceptual Understanding, Understanding Algorithmic, Acid-Base.
Download berkas