Penulis / NIM
SYARIFAH PORE / 441411037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstrak
ABSTRAK
Syarifah Pore, 2015. Analisis Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Reaksi Redoks. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd, MM dan pembimbing II: Dr.Netty Ino Ischak, M.Kes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal reaksi redoks. Penelitian ini dilakukan didua Sekolah yang berada di Kabupaten Gorontalo yaitu di SMAN 1 dan SMAN 2 Limboto dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling atau sampel acak sederhana. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN sebanyak 80 siswa dengan objek penelitian ini tersebar di SMAN 1 Limboto kelas X MIA4 dan X MIA5 sedangkan di SMAN 2 Limboto X MIA1dan X MIA2. Kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa dalam menyelesaikan soal-soal reaksi redoks termasuk kategori sangat rendah yaitu sebesar 25,25 % (pemahaman konseptual) dan 12,75 % (pemahaman algoritmik).
Kata Kunci : Pemahaman konseptual dan algoritmik reaksi redoks
ABSTRACT
To the effect this research is subject to be know conceptual grasp ability and algoritmik is student in solve redoks's reaction problem. This research is done on two Schools those are on Regency Gorontalo which is at SMAN 1 and SMAN 2 Limboto with descriptive observational type quantitative. Sample take is done by use of tech simple random is sampling or random sample simple . Subject in this research is class x SMAN as much 80 students with students observational object which be scattered at SMAN 1 Limboto brazes x MIA 4 and x MIA 5 meanwhile at SMAN 2 Limboto x MIA 1 and x MIA 2 . Conceptual understanding ability and algoritmik is student is measured by use of instrument essays to get essay's form. menunjukan's observational result that conceptual understanding ability and algoritmik is student in solve redoks's reaction problem comprises bottommost categories which is as big as 25,25 % (conceptual grasp) and 12,75 % (algoritmik's grasp).
Keywords: Conceptual grasp and algoritmik reacts redoks
Download berkas