Penulis / NIM
SRININGSIH / 441411040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Sriningsih. 2015. Analisis Kesalahan Konsep Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep mahasiswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Kimia Angkatan Tahun 2013/2014 yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda beralasan (Tes Multiple Choice dengan Reasoning Terbuka) yang berjumlah 20 nomor soal yang dibuat berdasarkan indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep yang dialami mahasiswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi yaitu pada indikator konsep reaksi redoks, mahasiswa tidak dapat menentukan bilangan oksidasi dari suatu senyawa dengan benar yaitu sebesar 19,60%; pada indikator oksidator dan reduktor, mahasiswa sulit menentukan senyawa yang mengalami oksidator dan reduktor sebesar 20%; pada indikator reaksi reduksi dan oksidasi, mahasiswa tidak dapat menentukan reaksi yang tergolong reaksi reduksi oksidasi berdasarkan persamaan reaksi yaitu sebesar 23,09%; pada indikator penyetaraan reaksi redoks, mahasiswa tidak memperhatikan masing-masing koefisien (kiri dan kanan) serta tidak dapat menentukan banyaknya mol dari suatu senyawa sebesar 22,57% dan pada indikator ekivalen redoks dan ekivalen asam basa, mahasiswa salah menggunakan rumus dalam menghitung ekivalen redoks dan ekivalen asam basa yaitu sebesar 22,70%.
Kata Kunci : Kesalahan Konsep Mahasiswa, Reaksi Reduksi Oksidasi
Download berkas