Penulis / NIM
SAPRIYATY RAHMAN / 441411041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Sapriyaty Rahman. Nim 441 411 041 "Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Konsep Hubungan Konfigurasi Elektron Dengan Sistem Periodik Unsur" (suatu penelitian di SMAN I Telaga Biru). Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Netty Ino Ischak M.Kes dan Drs. Mangara sihaloho, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur melalui two tier multiple choice test, metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas XI IPA1, IPA2, IPA3, dan XII IPA3 Telaga Biru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar jawaban siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan siswa sangat tinggi, pada konsep menentukan letak unsur pada Sistem Periodik unsur berdasarkan konfigurasi elektron terdapat 50,60%menentukan konfigurasi elektron berdasarkan letak unsur dalam sistem periodik unsur terdapat 62,77%, menganalisis konfigurasi elektron dari suatu ion berdasarkan letak unsur dalam Sistem periodik unsur terdapat 90,96%menganalisis persamaan konfigurasi elektron dari suatu ion/unsur terdapat 80,86%, secara keseluruhan atau rata-rata total siswa yang mengalami kesulitan sebesar 71,12%
Kata kunci: kesulitan siswa, tes pilihan ganda dua tingkat.
Download berkas