Penulis / NIM
SRI HERNINA HULALATA / 441411049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
ABSTRAK
Sri Hernina Hulalata. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan T.A 2016/2017 . Skripsi Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II Suleman Duengo,S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Pembelajaran pada siswa menggunakan desain post test only design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif yang terdiri dari 10 soal objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan rata - rata nilai hasil post-test untuk siswa kelas eksperimen sebesar 80,61 . Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Dimana hasil statistika menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 3,36 dan nilai ttabel pada = 0,05; dk = 52 diperoleh sebesar 1,671. Dengan demikian thitung = 3,36 > ttabel = 1,671. Maka hipotesis Ho ditolak untuk H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat..
Kata Kunci : Metode eksperimen, model pembelajaran inquiri, hasil belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.
ABSTRACT
Sri Hernina Hulalata. 2017. Influence Learning Model Inquiri Guided To Student Results On Solubility And Solubility Times In Class XI IPA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat On Solubility And Solubility Times T.A 2016/2017. Thesis Chemistry Department of Chemistry Education Program Strata-1 (S1) Faculty of Mathematics and Science State University of Gorontalo. Supervisor I Dr. Opir Rumape, M.Si and Supervisor II Suleman Duengo, S.Pd, M.Si.
this study aims to improve student learning outcomes of grade XI IPA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat on solubility and solubility. The method used in this research is experimental method. Learning on students uses post design only design. Data collection techniques use cognitive tests consisting of 10 objective questions. The result of research shows that there is influence of inquiri guided learning model toward student learning outcomes on solubility and solubility result with average post-test result value for experiment class student is 80,61. Data analysis technique for hypothesis testing is done by using t test. Where the statistical results using t test obtained t count of 3.36 and ttable value at = 0.05; dk = 52 is obtained at 1.671. Thus thitung = 3.36> ttable = 1.671. Hence the hypothesis Ho is rejected for H1 accepted. It can be concluded that there is influence of inquiri learning model to improve student learning outcomes on solubility and solubility product in SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat.
Keywords: Experimental method, inquiri learning model, learning result, solubility and solubility result.
Download berkas