Penulis / NIM
AYU ASTRI ASTUTI / 441411057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
AyuAstriAstuti. 2015. Identifikasi Pola Pemahaman Siswa dalam Menggambarkan Konsep Ion dengan Metode Knowledge Space Theory (KST). Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM dan pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa dalam menggambarkan konsep ion dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) dan untuk mengetahui pola pemahaman siswa dalam menggambarkan konsep ion dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kabila kelas MIA X dengan jumlah sampel sebanyak 147 siswa. Data dikumpulkan dari responden melalui instrument tes pilihan ganda sebanyak 13 item soal berupa tes penguasaan konsep ion yang dibuat secara terstruktur, serta wawancara yang dilakukan sebagai instrument pendukung. Jawaban siswa dianalisis dengan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) .Kemampuan pemahaman Konsep ion siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu 20,89%. Sebagian besar siswa tidak tahu konsep ion (TTK) sebanyak 73 siswa, tidak memahami konsep ion (TPK) dengan baik sebanyak 38 siswa dan tidak mengetahui keterkaitan antarkonsep (TPL) sebanyak 36 siswa. Pola pemahaman siswa SMA Negeri 1 Kabila tidak memenuhi Expert Learning Pathway (pola pemahaman ahli).
Kata Kunci: Pola Pemahaman, Konsep Ion, Knowledge Space Theory (KST)
Download berkas