Penulis / NIM
WIWIT LUTFIANI / 441411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
WIWIT, LUTFIANI. 2015. Identifikasi minat belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri sekota Gorontalo. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Dr. Opir Rumape, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas X SMA Negeri sekota Gorontalo terhadap mata pelajaran kimia. Jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri sekota Gorontalo, dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Gorontalo sebanyak 38 orang, kelas X10 SMA Negeri 2 Gorontalo sebanyak 29 orang, kelas X5 SMA Negeri 3 Gorontalo sebanyak 28 orang dan kelas X1 SMA Negeri 4 Gorontalo sebanyak 24 orang yang diambil menggunakan tehnik random class. Instrumen berupa angket tertutup dengan 30 soal pernyataan dan tes wawancara. Data penelitian diperoleh dari hasil inventori, tes wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan statistik deskrsiptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) minat belajar kimia pada siswa SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 memiliki minat yang tinggi. Sedangkan minat belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo memiliki minat yang cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil distribusi kecenderungan minat siswa ditinjau dari keseluruhan Indikator yaitu, SMA Negeri 1 Gorontalo kategori tinggi dengan jumlah frekuensi relatifnya 78,947 %; SMA Negeri 3 Gorontalo kategori tinggi dengan jumlah frekuensi relatifnya 53,57 %; dan SMA Negeri 4 kategori tingggi dengan jumlah frekuensi relatifnya 83,33 %. Sedangkan SMA Negeri 2 Gorontalo kategori cukup dengan jumlah frekuensi relatifnya 55,1724 %. Hal ini dominan dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yaitu media pembelajaran dan pendidik, dan faktor internal yakni motivasi dan kemampuan matematis siswa.
Kata kunci : Minat belajar
Download berkas