Penulis / NIM
HAJAR MANSYUR / 441411065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Abstrak
Hajar Mansyur. 2015. Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila dalam Memahami Materi Laju Reaksi dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kesulitan siswa dalam memahami materi laju reaksi dengan menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA SMA Negeri I Kabila sebanyak 161 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Area Sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan, dengan sampel penelitian yaitu 111 orang. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik Two-Tier Multiple Choice yang terdiri dari 18 soal. Hasil uji coba instrumen diperoleh validitas isi sebesar 98,15% dan reliabilitas sebesar 0,74%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa pada materi laju reaksi adalah (1) konsep laju reaksi tergolong dalam kategori sedang yaitu sebesar 56,76%, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi tergolong dalam kategori tinggi yaitu 76,94%, (3) persamaan laju reaksi tergolong dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 87,39%, (4) teori tumbukan tergolong dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 85,84%.
Kata Kunci: Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument, Kesulitan Siswa, Laju Reaksi.
Download berkas