Penulis / NIM
WA NAIYA / 441411068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
WA NAIYA. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit (di SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi. Jurusan Kimia, Program studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Astin lukum, M. Si dan Pembimbing II: Dr. Opir Rumape, M. Si.
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Sampel berjumlah 65 siswa yang tersebar di dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis literasi sains dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes sebagai instrumen tes larutan elektrolit dan nonelektrolit. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Namun, sebelum digunakan uji t, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji F untuk menguji homogenitas varian data. Berdasarakan hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 5,318>1,672. H0 berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata Kunci: Litersasi Sains, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil belajar.
ABSTRACT
WA NAIYA. 2015. Wa Naiya. 2015. The Influence Of Scientific- Literacy-Based Learning to words Student's Results In the Matter Electrolytes and Non-Electrolytes (SMAN 1 Ponds Academic Year from 2015 to 2016). Skripsi. Department of Chemistry. Study Program of Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is I: Prof. Dr. Hj. Astin Lukum, M. Si and Co-Supervisor is II: Dr. Opir Rumape, M. Si.
This research is experiment research. The research used pretest posttest control design. The objective is to find aut the influence of scientific literacy based learning towards student's learning achievement on electrolyte and nonelectrolytes solution material. Samples are 65 students comprised in two classes namely, exsperiment class with 30 students and control class with 35 students. The experiments class applied scientific literacy based learning and control class applied conventional learning. Data collecting used test as the test instrument test of electrolyte and nonelectrolytes solution. Data analysis was performed used the t test to examine the research hypothesis. However, test requirements analysis in which chi-square test to examine normality data and F test to exaamine homogeneity of variance test were done previously. Based on data analysis results for learning achievement, it has shown that in the significance level of 0.05 with df = 58 gained score of tcount> ttable or 5.318> 1.672. H0 was in the rejection area or in the other word H1 was accepted. Hence, It can be deduced that scientific literacy-based infuenced student's learning achievement on electrolyte and nonelectrolyte solution material.
Keywords: Litersasi Science, Electrolytes and Nonelectrolytes, learning outcomes.
Download berkas