Penulis / NIM
SRIYANTI MAKAPUAS / 441411074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstrak
ABSTRAK
Sriyanti, Makapuas. 2015. Eksplorasi Pemahaman Siswa Tentang Konsep Hidrolisis Garam dengan Menggunakan Pendekatan Fenomenografi di SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi, Prosi SI Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Netty Ino Ishack, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengeksplorasi pemahaman siswa SMA Negeri I Kabila tentang konsep hidrolisis garam dengan menggunakan pendekatan fenomenografi. Jenis penelitianya adalah jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan fenomenografi. Subyek penelitianya adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Kabila, dengan objek penelitianya adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 26 orang yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen berupa tes tertulis dengan 16 soal dan tes wawancara. Data penelitian diperoleh dari hasil eksplorasi pemahaman siswa dengan menggunakan pendekatan fenomenografi dalam tes tertulis, tes wawancara, dokumentasi dan observasi. Tekhnik analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa : fenomena pemahaman siswa tentang konsep hidrolisis garam rendah penguasaannya secara teori yaitu dengan persentase 40,42% sehingga siswa cenderung menggunakan konsep alternatif. disarankan guru agar : (1) dalam mengajarakan konsep kimia harus lebih kreatif agar siswa mudah memahami konsep dengan baik; (2) dapat menciptakan strategi pembelajaran yang menarik dan baru dalam pembelajaran agar menarik minat siswa dalam belajar kimia. Sehingga struktur pemahaman siswa dapat tertata dengan baik; (3) dalam pembelajaran harus menghubungkan konsep-konsep yang kongkrit terhadap konsep-konsep yang abstrak, sehingga siswa dapat memahami konsep secara utuh khususnya pada konsep hidrolisis garam; (4) Perlu diadakanya penelitian lebih lanjut tentang eksplorasi pemahaman siswa tetantang suatu konsep kimia dengan menambahkan metode pembelajaran yang baru dikembangkan.
Kata Kunci : Eksplorasi, Pendekatan fenomenografi, pemahaman konsep dan kimia hidrolisis garam
Download berkas