SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR RAFIKA LARAGA / 441412002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kabila melalui penerapan Project Based Learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Kabila dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari siswa laki-laki 13 orang dan siswa perempuan 21 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan esay, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kreativitas siswa adalah 59,29% dan meningkat menjadi 83,2% pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi pengetahuan pada siklus I adalah 69,02% meningkat menjadi 81,67% pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi sikap pada siklus I adalah 45,59% meningkat menjadi 86,77% pada siklus II. Hasil belajar dimensi keterampilan pada siklus I adalah 50% meningkat menjadi 88,24%. Sedangkan penilaian produk meningkat dari 61,77% pada siklus I menjadi 88,24% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kabila. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar, Larutan Penyangga ABSTRACT This research aims to enhance creativity and learning outcomes of students of class XI MIA in SMA Negeri 1 Kabila through the implementation of Project Based Learning on the material buffer solution. This research is a class act consisting of two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subjects were students of class XI MIA 2 SMA Negeri 1 Kabila the number of students 34 consisting of male students and 13 female students 21 people. Source of data derived from the teachers and students who obtained through observation and tests. The test used is a test multiple-choice and essay, with the amount of matter as much as 10 numbers. The analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results showed in the first cycle of creativity of students is 59,29% and increased to 83,2% in the second cycle. The results of students' knowledge dimension in the first cycle was 69,02% increase to 81,67% in the second cycle. Student learning outcomes dimension of attitude in the first cycle was 45,59% increase to 86,77% in the second cycle. Results dimensional skills learned in the first cycle is 50% increase to 88,24%. While the product assessment increased from 61,77% in the first cycle to 88,24% in the second cycle. Thus, implementation of Project Based Learning can increase creativity and student learning outcomes in the material buffer solution MIA in class XI SMA Negeri. Keywords: Class Action Research, Project Based Learning, Student Creativity, Learning Outcomes, Buffer Solution
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011