Penulis / NIM
SANDI LIMBANADI / 441412005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Sandi Limbanadi, 2016. "Deskripsi Keterampilan Metakognitif Mahasiswa yang Memiliki Gaya Kognitif Field Independent dalam Memecahkan Masalah Stoikiometri". Skripsi, Jurusan Kimia, Prodi S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah stoikiometri. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kimia semester III fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data keterampilan metakognitif dari hasil wawancara menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang memiliki gaya kognitif field independent memiliki keterampilan metakognitif yaitu: Pada tahap memahami masalah melibatkan keterampilan metakognitif dengan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Pada tahap membuat rencana subyek melibatkan keterampilan metakognitif yaitu dapat menyusun rencana pemecahan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana subyek cukup mampu melibatkan keterampilan metakognitif, subyek dapat menetapkan hasil akan tetapi tidak dapat menemukan kesalahan. Pada tahap mengevaluasi hasil pemecahan masalah subyek mampu melibatkan keterampilan metakognitif dengan mengecek dan melakukan perbaikan hasil akhir pada langkah pemecahan masalah.
Kata Kunci : Metakognitif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
ABSTRACT
Sandi Limbanadi, 2016. "Description of Metacognitive Skills Students Have Independent Field Cognitive Styles in Solving Problems Stoichiometry" . Skripsi, Department of Chemistry, Study Program of S1Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd and Co-supervisor II Julhim S.Tangio, S.Pd, M.Pd.
This research is a qualitative descriptive. The purpose of this study was to describe the metacognitive skills of students who have the cognitive style field independent in solving stoichiometry problems. The subjects of this study is the third semester students of chemistry education faculty of Mathematics State University of Gorontalo taken using purposive sampling tenik. The research instrument used GEFT tests, problem solving tests, and interviews. Data analysis techniques metacognitive skills of interviews using model analysis Miles and Huberman. The results showed that the subjects who had a field independent cognitive style have metacognitive skills, namely: At this stage of understanding the problem involves metacognitive skills by writing the information known and questioned. At the stage of making the plan subject can plan troubleshooting. At this stage of the plan subject melaksanankan quite capable involve metacognitive skills, subjects can determine the results will be but can not find fault. At the stage of evaluating the results of a subject capable of problem solving involves metacognitive skills to check and improve outcome in troubleshooting steps.
Keywords: Metacognition, Problem Solving, Cognitive Style
Download berkas