SKRIPSI

Penulis / NIM
HIDANURHAYATI / 441412012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK Hidanurhayati. 2016. "Pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) disertai media kartu pintar terhadap restasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran NHT disertai media kartu pintar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest -only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kabila dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI MIA 3 dengan jumlah siswa 29 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT disertai media kartu pintar dan kelas XI MIA 4 dengan jumlah siswa 29 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional disertai tanya jawab. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berupa tes objektif beralasan sebanyak 20 butir soal. Analisis data menggunakan kriteria pengujian hipotesis yaitu terima H0 jika thitung < ttabel atau tolak H0 jika thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai (thitung = 4,43 dan ttabel = 2,003), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di sertai media kartu pintar terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Kartu Pintar, prestasi belajar siswa, Larutan penyangga. ABSTRACT Hidanurhayati., 2016. The Influence of Numbered Heads Together (NHT) learning model with smart card media toward students learning achievement on buffer topic at grade XI in SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi bachelor study program of chemistry, department of chemistry faculty of mathematics and natural sciences, state University of Gorontalo. Principal supervisor is Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd and Co-supervisor is Dr. Akram La Kilo, S.Pd, M.Si. This research aims at investigating whether or not the application of NHT learning model with smart card media can influence students' learning achievement in buffer topic. The research design is posttest-only control group. The research population are all students of grade XI MIA in SMA Negeri 1 Kabila. The samples are 29 students of grade XI MIA 3 as experimental class that is treated by NHT learning model with smart card media and 29 students of grade XI MIA 4 as control class that is treated by conventional learning model with questioning and answering. The data are collected through reasoning objective test that consists of 20 items. The data analysis uses hypothesis test criteria as accepting H0 if tcount = 4,43 and ttable = 2,003. Thus, H0 is rejected and H1 is accepted. This shows that there is an influence of NHT learning model with smart card media towards students' learning achievement. Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Smart Card, students' learning achievement, buffer
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011