Penulis / NIM
NUR MEI YULIANTY ODE / 441412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstrak
Nur Mei Yulianty Ode, 2016. Pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa di SMA Negeri 1 Telaga Biru T.A 2015/2016. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa kimia di SMA Negeri 1 Telaga Biru T.A 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-Eksperiman Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sehingga kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis statistik hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 20,59 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa pada materi tatanama senyawa kimia.
Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar, Tatanama Senyawa
ABSTRACT
Nur Mei Yulianty Ode, 2016. The influence of collaborative learning to result of student learn at compound system in SMA N 1 Telaga Biru 2015/2016 academic year. Skripsi. Gorontalo: study programe of chemistry education chemistry department. Mathematic and natural skill science. Gorontalo state university. By Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si as advisor I and Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes as advisor II.
The purpose of this research is to knowing the influence of collaborative learning to result of student learn at chemistry compound system in SMA N I Telaga Biru 2015/2016 academic year. Method of this research is true-experiment design. The techniqve of sample collceting used purposive sampling manner it'is determination techniqve of sample with certain judgment. So the class who become sample in this research is class X.1 as experiment class and class X.2 as control class. Based on statistics analysis in the result of this research. Show that tarithmetic is 20,59 big more than ttable is 2,02 so can get a conclusion that be found the influence of collaborative learning to result of student learn at chemistry compound system.
Keywords: Collaborative Learning, Result of learn, Compound system
Download berkas