Penulis / NIM
MINARTI DJ. JAAPAR / 441412022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Minarti Dj. Jaapar. 2016. "Penerapan Model Learning Cycle Sebagai Upaya Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Telaga Biru Pada Materi Larutan Asam Basa". Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasi miskonsepsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi larutan asam basa melalui penerapan model learning cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 telaga Biru pada siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 22 siswa. Sebelum melaksanakan tindakan terlebih dahulu peneliti mengambil data awal dengan melakukan pretest untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda yang beralasan terbuka, dengan jumlah soal sebanyak 17 nomor yang didasarkan pada 11 indikator materi larutan asam basa. Selanjutnya hasil tes dianalisis menggunakan Certainty of Response Index (CRI) dengan skala 6 (0-5). Data hasil tes ini diidentifikasi secara individu dan kelompok sesuai dengan ketentuan CRI untuk membedakan antara tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), dan miskonsepsi (MK). Ditemukan adanya miskonsepsi pada semua indikator konsep larutan asam basa yakni terendah 31,82% dan tertinggi 86,36%. Setelah dilakukan tindakan ternyata misonsepsi dapat diminimalisasi pada siklus I menjadi terendah sebesar 22,73% dan tertinggi sebesar 36,36% dan pada siklus II menjadi terendah sebesar 0% dan tertinggi sebesar 13,64% yang telah memenuhi indikator kinerja 85%. Hal ini juga didukung oleh kegiatan guru dan kegiatan siswa yang mengalami peningkatan yang awalnya pada siklus I persentase kegiatan guru dari 46,43% dengan kategori cukup menjadi 88,54% dengan kategori sangat baik dan persentase kegiatan siswa dari 44,16% dengan kategori cukup menjadi 85,81% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Learning Cycle, Miskonsepsi, Larutan Asam Basa
ABSTRACT
Minarti Dj. Jaapar. 2016. 'The Application of Learning Cycle Model as an Effort to Minimazing the Misconception of Students at Grade XI IPA in SMA Negeri 1 Telaga Biru on Acid-Base Solution Topic". Skripsi, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisior is Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si and Co-supervisor is Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
This research aims at minimizing the misconception of students at grade XI of SMA Negeri 1 Telaga Biru on Acid-Base Solution Topic through the application of learning cycle model. This research is classroom action research conducted at SMA Negeri 1 Telaga Biru on students at grade XI IPA1. Before the treatment is conducted, the researcher takes the preliminary data by conducting pretest to identify the students' misconception. This research uses multiple choices test that consists of 17 items which based on 11 indicators of acid-base solution topic. Further, the test results are analyzed by using Certainty of Response Index (CRI) with scale of 6 (0-5). The test results data is identified individually and in group based on the determination of CRI to differentiate between Knowing Concept, Not Knowing Concept, and Misconception. Findings show that the misconception found to all indicators of acid-base solution concept; the lowest is 31,82% and the highest is 86,36%. After treatment, the misconception can be minimized; the lowest percentage in cycle I becomes 22,73% while the highest is 36,36%, and the lowest percentage in cycle II is 0% and the highest is 13,64% which has fulfilled the performance indicator of 85%. The results also are supported by teacher's activity which increases from 46,43% in cycle I with sufficient category to 88,54% in cycle II in excellent category and student's activity which also increases from 44,16% in sufficient category in cycle I to 85,81% in excellent category in cycle II.
Keywords: Learning Cycle, Misconception, Acid-Base Solution
Download berkas