Penulis / NIM
CICILIA A. HANASI / 441412025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
Cicilia Hanasi, 2017. "Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Hukum Dasar Kimia", Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengeahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada hukum dasar kimia dengan menggunakan pembelajaran berbasis multiple representasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kabila pada bulan April - Mei. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dan desain penelitian adalah Non Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan rumus liliefors dan uji homogenitas menggunakan rumus uji barlett dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh thitung = 1.031 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2.012. dengan kata lain thitung< ttabel, maka dapat disimpulkan H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan pembelajaran kimia yang berbasis multiple representasi diterima atau Ha ditolak. Jadi pembelajaran kimia berbasis multiple representasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : multipel representasi, hasil belajar, hukum dasar kimia.
â
ABSTRACT
Cicilia Hanasi, 2017. "Multiple Representation Based Chemistry Learning Toward Students' Learning Acievement in Basic Laq of Chemistry", Skripsi Study Program Of Chemical Education, Department Of Chemical, Faculty Of Mathematics And Natural Science, State University Of Gorontalo.
This research aims at investigating students'learning achievement in basic law of chemistry applying multiple representation learning based. It was conducted in SMAN 1 Kabila, from April to May. It applies quasi experimental mehod and non equivalent control group design. The applied instrument is test. Data of the research are analysed by applying normality test with liliefors formula and homogeneity test applying barllet test. Then, is continued with significance test applying t-test. Thus, it obtains tcount = 1,03157, while ttable in significance level of 5% obtains 2,01290. In the other words, tcaunt< ttable thus it can be concluded that H0 which states that there is no significant influence applying multiple representation based chemistry learning is accepted or Ha is rejected. Thus, multiple representation based chemistry learning does not influence students' learning achievement.
Keywords : Multiple representation, Learning achievement, Basic law of chemistry
Download berkas