Penulis / NIM
SISKA A. HUNO / 441412034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
Siska A. Huno, 2016. Evaluasi Program Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Gorontalo dengan Menggunakan Model Countenance Stake. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Erni Mohamad S.Pd, M.Si
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Kimia. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Gorontalo dengan sumber data guru kimia. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil pelitian ini sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran kimia termasuk dalam kategori Amat baik yaitu 95,39% (2) pelaksanaan pembelajaran kimia termasuk dalam kategori Amat baik 88,3% (3) hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 86,37%
Kata Kunci : Evaluasi Program, Pembelajaran Kimia, Model Countenance Stake
ABSTRACT
Siska A. Huno,2016. Chemistry Learning Program Evaluation at SMA Negeri 3 Gorontalo using Countenance Stake Model. Skripsi, Study Program of Chemistry Education, Departemen of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Prof. Dr. Astin Lukum M.Si.
This research aimed at describing planning, impelementation and learning achievement of students in chemistry subject. This research was conducted at SMAN 3 Gorontalo by having teachers as data resources. The data collection techniques were observation, documentation, and interview. The technique of data analysis was qualitative descriptive analysis. The conclusions of this research are: (1) the chemistry learning planning is categorized as excellent for 95,39% (2) chemistry learning implementation is categorized as excellent for 88,3% (3) students' learning achievement has fulfilled the minimum completeness criteria with achievement actuality for 86,37%
Keywords: Program Evaluation, Chemistry Learning, Countenance Stake Model
Download berkas