Penulis / NIM
KADEK SUBAWA / 441412043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Kadek Subawa. 2016. Penerapan Model Learning Cycle Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Akram La Kilo, M.Si, dan Pembimbing II Dr.Lukman A.R. Laliyo,M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa pada materi laju reaksi melalui penerapan model Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 15 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes essay, jumlah soal sebanyak 10 nomor. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Aktivitas siswa adalah 40,82% dan meningkat menjadi 80,85% pada siklus II. Hasil belajar siswa dimensi pengetahuan pada siklus I adalah 43,48% meningkat menjadi 82,60%pada siklus II. Kesimpulan,penerapan Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Learning cycle, Hasil Belajar, Laju Reaksi
Download berkas