Penulis / NIM
HENDRO MUKTIONO / 441412052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
Hendro Muktiono. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reflektif terhadap Hasil Belajar kognitif Siswa pada materi redoks di Kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Skripsi Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr.Lukman A.R. Laliyo,M.Pd dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Tapa pada materi redoks melalui penerapan model pembelajaran reflektif. pengambilan sampel terdiri dari dua kelas yang dilakukan dengan tehnik cluster random sampling, dengan kelas penelitian X IPA yaitu kelas sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes dalam essay, dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor. Adapun hasil yang diperoleh dari analisis ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang telah diterapkannya model pembelajaran reflektif sebesar 77.16 sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh sebesar 66.25. dimana selisih antar keduanya sebesar 10.91. Namun hal ini belum dapat menguatkan hasil yang diperoleh untuk menentukan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran reflektif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi kelas X IPA SMA Negeri 1 Tapa.
Download berkas