Penulis / NIM
FIDYA / 441412053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
Fidya. 2016. "Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam". Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa yang tersebar dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan saintifik dan kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi hidrolisis garam. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 60 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 7,94 > 1,67. Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) diterima dan H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa, Hidrolisis Garam
ABSTRACT
Fidya. 2016. "The Effect of Use Scientific Approach to Students Learning Achievements in Salt Hydrolysis topic". Thesis Study Program of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo (UNG). Supervisor I Drs Mangara Sihaloho, M.Pd and Advisor II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si.
This study was an experimental study. The study design used is Non-Equivalent Control Group Design. The research objective was to determine the effect of using a scientific approach to student learning outcomes in a salt hydrolysis material. These samples included 66 students spread in two classes, totaling 31 students experimental class and control class totaled 31 students. Class experiments using the scientific approach and grade control using conventional approaches. Collecting data using objective tests reasoned as an instrument that tests on the topic contain salt hydrolysis. Analysis of the data used to test the hypothesis of the research is done by using the t test. The results of data analysis to student learning achievements in a salt hydrolysis topic shows that the significant level of 0.05 with df = 60 obtained tcount > ttable or 7.94 > 1.67. Thus the alternative hypothesis (H1) is received and H0 is rejected so that it can be concluded that there are significant scientific approach to the use of student learning achievements in a salt hydrolysis topic.
Keywords: Scientific Approach, Students Learning Achievements, Salt Hydrolysis
Download berkas