Penulis / NIM
SANTI SONINGA / 441412055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
Santi Soninga. 2016. "Pengaruh metode pembelajaran Praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Gorontalo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest -only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 3 Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPA6 dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran praktikum dan kelas XI IPA5 dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berupa tes objektif beralasan sebanyak 19 butir soal. Analisis data menggunakan kriteria pengujian hipotesis yaitu terima H0 jika thitung < ttabel atau tolak H0 jika thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai (thitung = 3,13 dan ttabel = 2,00665), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran praktikum terhadap hasil belajar siswa dan metode pembelajaran praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Praktikum, Hasil Belajar Siswa, Larutan Penyangga.
Download berkas