SKRIPSI

Penulis / NIM
LENI NUSI / 441412056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK Leni Nusi. 2016. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Dalam Menyelesaikan Soal-soal Hidrolisis Garam pada Siswa SMA Negeri 1 Telaga Kelas XI Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Disertai LKS". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode problem solving disertai LKS. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal hidrolisis garam pada siswa SMA Negeri 1 Telaga kelas XI dengan menggunakan metode problem solving disertai LKS. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI MIA2 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dimana kegiatan guru pada siklus I dan II mencapai 50% dan 87,50%, aktivitas siswa pada siklus I dan II mencapai 40% dan 80%, dan hasil pembelajaran siswa pada siklus I terdapat 22 (70,97%) dari 31 siswa yang tuntas dan pada siklus II terdapat 28 (90,32%) dari 31 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving disertai LKS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal hidrolisis garam. Kata Kunci : Problem Solving, LKS, Hidrolisis Garam ABSTRACT Leni Nusi. 2016. "Efforts to Improve Capability In Solving Problems Hydrolysis of Salts of students SMA Negeri 1 Ponds Class XI Problem Solving Method Using Accompanied LKS". Essay. Study Program of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo (UNG). Supervisor I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si and Advisor II Deasy Botutihe N., S. Pd, M.Sc. This research is a classroom action research (PTK), this class action research using the method of problem solving with LKS. The purpose of research is to improve the ability to resolve the problems of salt hydrolysis at SMA Negeri 1 Ponds class XI by using a method of problem solving with LKS. Actions as a research subject is class XI MIA2 totaling 31 students. This study was done 2 cycles. The results of this study showed an increase in which the activities of teachers in the cycle I and II reached 50% and 87.50%, the activity of students in the first cycle and the second at 40% and 80%, and the learning outcomes of students in the first cycle there were 22 (70.97 %) of the 31 students who completed and the second cycle there were 28 (90.32%) of the 31 students who completed. It can be concluded that the application of the method of problem solving with LKS can improve students' skills in solving problems of salt hydrolysis. Keywords: Problem Solving, LKS, Salt Hydrolysis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011