Penulis / NIM
PIPIN KAANI / 441412062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
Pipin Kaani, 2017. "Pengaruh Pembelajaran berbasis Peta Konsep Model Diagram Vee terhadap Hasil Belajar Larutan Penyangga". Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II Deasy N Botutihe, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar larutan penyangga pada siswa kelas XI di SMA N 4 Gorontalo dengan menggunakan pembelajaran berbasis peta konsep model Diagram Vee pada kelas eksperimen dan pembelajaran peta konsep pada kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental Pretes-Postes Control group design. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk melihat hasil belajar larutan penyangga adalah tes pilihan ganda beralasan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada pembelajaran yang berbasis peta konsep model Diagram Vee dengan pembelajaran peta konsep tanpa Diagram Vee terhadap hasil belajar larutan penyangga (Fhitung = 74,014 > Ftabel = 4,40). Dengan demikian pembelajaran berbasis peta kosep model Diagram Vee berpengaruh terhadap hasil belajar larutan penyangga.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Peta Konsep, Diagram Vee
Download berkas