Penulis / NIM
YOGI SUPRIADIN / 441412064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Yogi Supriadin.2016. Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Dengan Bantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, dibimbing oleh Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes, dan Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 1 Telaga Biru, berjumlah 64 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian "Posttest-Only Control Design". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 13 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak jika thitung ttabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dengan bantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi laju reaksi. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh thitung = 5,026 ttabel = 1,999, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar,
ABSTRACT
Yogi Supriadin.2016. Influence Learning Model NHT (Numbered Heads Together) Against the Interactive Multimedia Aided Learning Outcomes Student Class XI IPA at SMAN 1 Telaga Biru. Essay. Gorontalo: Study Program of Chemistry, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, guided by Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes, and Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
The purpose of this study was to determine the effect on learning model Numbered Heads Together (NHT) with the help of interactive multimedia on student learning outcomes in the rate of reaction material. This research is quantitative. The subjects were students of class XI and IPA2 IPA1 SMA Negeri 1 Telaga Biru, totaling 64 students, using a study design "Posttest-Only Control Design". The research instrument used was as much as 13 numbers essay test questions used to determine the effect of learning model NHT (Numbered Heads Together) with the help of interactive multimedia on learning outcomes of students of class XI IPA at SMAN 1 Telaga Biru in the material reaction rate. The hypothesis testing data on the results of the study were tested using t-test. ttable at significant level of 0.05. Based on testing criteria H0 rejected if thitung Results of the study is the influence learning model NHT (Numbered Heads Together) with the help of interactive multimedia on learning outcomes of students of class XI IPA at SMAN 1 Telaga Biru in the material reaction rate. table = 1.999, then the hypothesis H0 and H1 accepted.Based on the test obtained t = 5.026
Keywords: Learning Model NHT, Interactive Multimedia, Learning Outcomes,
Download berkas