SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLY SANDI / 441412066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK Fadly Sandi. 2016. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing 2 Erni Mohamad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tilamuta sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes uraian yang berjumlah 9 nomor soal. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji -t. Hasil penelitian yang didapatkan, data berdistribusi normal yaitu nilai Lhitung < Ltabel, data memiliki varians yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel, dan uji hipotesis yang didapatkan yaitu nilai thitung > ttabel (1,71 > 1,68). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa, meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal ini disebabkan karena media animasi masih memiliki beberapa kekurangan. Olehnya itu, diperlukan variasi penggunaan metode pembelajaran yang baik untuk menutupi kekurangan dari penggunaan media animasi sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar. ABSTRACT Fadly Sandi. 2016. The Influence of Animation Media Towards the Study Result on Buffer Solution Material of Class XI Students of SMA Negeri 1 Tilamuta. Thesis, Department of Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The First Advisor Dr. Opir Rumape, M.Si and the Second Advisor Erni Mohamad, S. Pd, M.Si. This study aims to determine the influence of animation media towards the study result on buffer solution material of class XI students of SMA Negeri 1 Tilamuta. In this case, the posttest only control design is utilized as the research design. The participants of the research are the entire students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Tilamuta while the research samples are class XI IPA 1 as the control class and class XI IPA 2 as the experimental class. Open ended test is used as the instrument of research which have 9 numbers of question. Moreover, normality test, homogeneity test and t-test are conducted in order to analyze data. Concerning this study, the research result had shown that the data has normal distribution which demonstrates the score of Lcount < Ltables and the data has a homogeneous variance is Fcount < Ftable, furthermore, hypothesis test obtains the score of tcount > ttable (1.71 > 1.68). As a result, hypothesis test shows that there are the influence of animation media towards student learning result, despite the influence are not too statically significant. This is because the animation media still has some drawbacks. Hence, to cover up the drawbacks from the using of animation media as one of the learning media, it needs more variations in utilizing the better learning method. Keywords: Animation Media, Study Result.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011