Penulis / NIM
FERA ANGGRIANI BUKA / 441412073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Fera Anggriani Buka. 2016. Pengaruh model pembelajaran DL (discovery learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DL (discovery learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4, berjumlah 50 siswa, dengan mengunakan rancangan penelitian adalah "pretest-posttest control group design". Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 15 nomor soal yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DL (discovery learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Pengujian hipotesis data pada hasil penelitian diuji menggunakan uji analisis korelasi dan varians (anakova). Berdasarkan kriteria pengujian tolak H0 jika Fhitung Ftabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh Fhitung = 34.27 > Ftabel = 4.28, maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci : Model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar, larutan penyangga
Download berkas