Penulis / NIM
NURHAYANA / 441412076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model mental siswa SMA pada materi larutan asam basa dengan indikator materi keasaman atau kebasaan larutan dan netralisasi dan mengidentifikasi penyebab terjadinya model mental siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Gorontalo dengan sumber data siswa kelas XII IPA dan guru kimia. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil pelitian ini sebagai berikut: (1) model mental siswa terbanyak pada indikator keasaman dan kebasaan larutan yaitu character symbol model (51,99%), sedangkan pada indikator netralisasi model mental yang terbanyak yaitu no model (48,21%); (2) penyebab terjadinya model mental siswa di dominasi oleh buku yaitu 26,03% pada indikator keasaman dan kebasaan larutan serta 33,54% pada indikator netralisasi. Model mental siswa tidak dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Model Mental, Penyebab Terbentuknya Model Mental, Konsep Asam Basa
ABSTRACT
This research aimed at describing mental model of SMA students on material of acid-base solution with material indicator of acidity or alkaline solution and neutralization and identifying factors occurring students' mental model. The research was conducted in SMAN 3 Gorontalo with the data source were students of class XII IPA and a chemistry teacher. Data collection used instruments of two-tier multiple choice of diagnostic test, interview, observation, and documentation study. Technique of data analysis applied qualitative description. The research conclusions are as follows : (1) The highest students' mental model on indicator of acidity and alkaline solution is character symbol model (51,99%), meanwhile the highest on neutralization indicator is no model (48,21%); (2) Factors occuring students' mental model is dominated by books in which it is 26,03% on acidity and alkaline solution indicators, while 33,54% on neutralization indicator. Student's mental model is not influenced by school environmental condition.
Keywords : Mental Model, Factors Occuring Mental Model, Acid-Base Concept
Download berkas