SKRIPSI

Penulis / NIM
RAIMON SALEH / 441412077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AKRAM LA KILO, M.Si / 0011047702
Abstrak
ABSTRAK Raimon Saleh. 2017. Model Pembelajaran Langsung Disertai Hierarki Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Termokimia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Gorontalo T.A 2016-2017 . Skripsi. Program Studi (UNG) . Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Hj.Astin P Lukum, M.Si dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung disertai hierarki konsep untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Gorontalo pada materi termokimia. metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Pembelajaran pada siswa menggunakan desain penelitian one grup pre-tes pos-tes desain. Pengumpulan data menggunakan tes instrument tes diagnostik tiga tingkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan miskonsepsi siswa pada ketujuh sub konsep materi termokimia setelah diberikan model pembelajaran langsung disertai hierarki konsep dengan presentasi rata-rata penurunan miskonsepsi siswa sebesar 27,63 %. Hasil statistika menggunakan uji t, diperoleh thitung sebesar 1,91 dan nilai ttabel pada = 0,05; dk = 52 diperoleh sebesar 1,671. Dengan demikian thitung = 1,91 > ttabel = 1,671. Maka hipotesis Ho ditolak dan unutk H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran langsung untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi termokimia dikelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Kata Kunci : Metode eksperimen, model pembelajaran langsung, hierarki konsep, termokimia. ABSTRACT Raimon Saleh. 2017. Direct Learning Model with Hierarchy to reduce misconception of students in Thermochemical Topic at Grade XI Natural Sience, SMA Negeri 2 Kota Gorontalo in 2016-2017 academic years. Skripsi. Principal supervisor is Prof. Dr. Hj. Astin Lukum, M.Si and Co-supervisor is Dr. Akram La Kilo, M.Si This research aims at investigating the influence of direct learning model with hierarchy concept to reduce students' misconception at grade XI Natural Science in SMA Negeri 2 Kota Gorontalo in Thermochemical topic. It applies experimental method with one group pre-test post-test design. Techniques of data collection are instrument test and tree level diacnostic test. Finding reveals that there is a decrease of student' misconception on the seven sub concepts in thermochemical topic after they were treated by direct learning model combined with hierarchy concept by having average percentage for 27,63 %. Statiscical test using t test obtains tcount for 1,91 and ttable at a = 0,05; df = 52 for 1,671. Thus, tcount of 1,91 is higher than ttable of 1,671. Thus HO is rejected and H1 is accepted. Therefore, it can be concluded that there is fluence of direct learning model combined with hierarchy concept to reduce students' misconception at grade XI Natural Science in SMA Negeri 2 Kota Barat Gorontalo in Thermochemical topic. Keywords : Experimental Method, Direct Learning Model, Hierarchy Concept, Thermochemical
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011