SKRIPSI

Penulis / NIM
ISNAWATY SUDE / 441412079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK Isnawaty Sude, 2016. "Identifikasi Tingkat dan Jenis Kesulitan Belajar Siswa SMA Negari I Tapa Kelas X Dalam Memahami Materi Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen". Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si, dan Pembimbing II Julhim S. Tangio S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan belajar siswa tentang ikatan ion dan ikatan kovalen. Penelitian dilakukan di SMAN 1TAPA dengan sumber data siswa kelas X IPA1 dan IPA2. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda dan wawancara . Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis presentase kesulitan belajar didapatkan kesulitan belajar siswa yang sangat tinggi terdapat pada soal nomor 12 ada 33 orang siswa menjawab salah terkait materi penentuan ikatan kovalen rangkap dengan presentase yang dihasilkan sebesar 89,189%. (2) Jenis kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa kelas X yakni pada tingkat memahami (C2) dan juga tinggi pada tingkat mengingat (C1), penerapan ( C3) dan menganalisis (C4). Dimana siswa sulit memahami konsep kimia yang dilatar belakangi dengan pelajaran yang cukup sulit dipahami. Sehingga banyaknya siswa yang belum mampu memecahkan permasalahan dengan mudah akibat kurangnya pemahaman terhadap materi tersebut. (3)Bagian kesulitan siswa pada materi ikatan ion dan ikatan kovalen yakni terdapat pada indikator ke empat dengan presentase 72,07 %, dan pada indaikator ke enam dengan presentase 66,22 % dengan kategori kesulitan siswa tinngi. Penyebab dari kesulitan belajar siswa difaktori oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ikatan ion dan ikatan kovalen. Kata Kunci: Kesulitan belajar siswa, konsep ikatan ion dan ikatan kovalen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011