SKRIPSI

Penulis / NIM
ASPIAN BULUDIO / 441412085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Abstrak
ABSTRAK Aspian Buludio. 2016. "Pengaruh Strategi Pembelajaran inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan Pembimbing II Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Sampel berjumlah 62 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen yaitu tes materi larutan penyangga. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil statistika diperoleh jumlah nilai post-test kelas eksperimen sebesar 2562 dengan rata-rata nilai 82,65. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai post-test sebesar 2246 dengan rata-rata nilai 72,45. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep pada materi larutan penyangga dalam taraf signifikan 0,05 dengan dk = 60 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,445 > 1,671. H0 berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran inkuiri, Pemahaman Konsep Siswa, Larutan Penyangga ABSTRACT Aspian Buludio. 2016. "Effects of Learning Strategies of inquiry against Concept Training Students on Materials Buffer Solution". Essay. Study Program of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo (UNG). The principal Supervisor was Drs. Mardjan Paputungan, M.Si and Co-Supervisor Dr. Netty Ino Ischak,M.Kes. The research objective was to determine the effect of inquiry learning strategies to students' understanding of concepts in the material buffer solution. This study was an experimental study. The study design used is Posttest Only Control Design. Samples numbered 62 students spread on two classes, totaling 31 students experimental and control class totaled 31 students. Class experiments using inquiry learning strategy and control classes using lecture method. Collecting data using an objective test as an instrument that is the test material buffer solution. Data analysis was performed using the t test to test the hypothesis of the study. Based on the results obtained the total value of statistical post-test experimental class of 2562 with an average value of 82.65. As for the class gained control of the number of post-test score of 2246 with an average value of 72.45. The results of data analysis to student learning outcomes to the understanding of the concept in the material buffer solution showed that the significant level of 0.05 with df = 60 obtained tcount > ttabel or 4.445 > 1.671. H0 is in the region of rejection or in other words accept H1. It can be concluded that there are significant inquiry learning strategies to students' concept understanding to the material buffer solution. Keywords: inquiry Learning Strategies, Concept Understanding Students, Buffer Solution
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011