SKRIPSI

Penulis / NIM
MELGIANTI MAHABI / 441413001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK Melgianti Mahabi. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbasis Handout terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kabila pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis Handout terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimen, jenis true experimental design dengan desain penelitian "pretest-posttest control group design". Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 3 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Handout dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 4 dibelajarkan menggunakan metode konvensional. Pengambilan data menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan. Data dianalisis dengan uji gain skor ternormalisasi, uji normalitas dan homogenitas varian, serta uji hipotesis menggunakan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata hasil belajar kelas XI MIA kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol, yaitu 41,11>28,22. Hasil uji hipotesis menunjukkan Thitung=3,38. Berdasarkan taraf signifikansi 5%, dk=60 diperoleh Ttabel=1,67155, maka Thitung>Ttabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis handout berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kabila pada Materi Larutan Penyangga. Kata Kunci: TAI, Handout, Larutan Penyangga, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011