Penulis / NIM
HUSAIN DJIBU / 441413007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Abstrak
ABSTRAK
Husain Djibu. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa SMA Negeri 1 Tibawa. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo. Dosen pembimbing I Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media kartu terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 berjumlah 58 siswa, dengan menggunakan jenis penelitian True-Experimental Design dan rancangan penelitian yang digunakan adalah "Posttest-Only Control Design". Pengujian hipotesis data dilakukan dengan menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media kartu terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung 6,362 > ttabel 1,673 pada taraf nyata = 0,05 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), Media Kartu, Asam Basa
Download berkas