Penulis / NIM
ISKANDAR K. GOLO / 441413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstrak
Iskandar K. Golo, 2017. Meningkatkan Akivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournames (TGT) Pada Materi Ikatan Kimia di kelas X TKJ SMK Almamater Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Gorontalo: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing1 Drs. Mardjan Paputungan, M.Si dan pembimbingII Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) yang di kombinasikan dengan metode Teams Games Tournames (TGT) pada materi ikatan kimia SMK Almamater Telaga tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus 3 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Almamater Telaga. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) yang di kombinasikan dengan metode Teams Games Tournames (TGT) dapat meningkatkan kegiatan guru (dari 73,41% pada siklus I menjadi 90,01% pada siklus II), keaktifan siswa meningkat (dari 65% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II) dan hasil belajar (pencapaian persentase hasil belajar meningkat dari 52,35% pada siklus I menjadi 80,88% pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu: 1) jika model pembelajaran kooperatif kombinasi Student Teams Achivement Division (STAD) dan Teams Games Tournamen (TGT) diterapkan maka dapat menigkatkan aktivitas siswa pada materi ikatan kimia di kelas X TKJ SMK Almamater Telaga; 2) jika model pembelajaran kooperatif kombinasi Student Teams Achivement Division (STAD) dan Teams Games Tournamen (TGT) diterapkan maka dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X TKJ SMK Almamater Telaga.
Kata Kunci : Student Teams Achivement Division (STAD) dan Teams Games Tournamen (TGT), Kegiatan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Download berkas