Penulis / NIM
BURHAN SALULE / 441413012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstrak
Burhan Salule. 2017. Hubungan antara Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Drs. Mardjan Paputungan, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia (2) hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dan (3) hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir logis mahasiswa jurusan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan kimia yang aktif mengikuti perkuliahan yang terdiri dari mahasiswa semester II, mahasiswa semester IV dan mahasiswa semester VI Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo berjumlah 152 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik insidental sampling, sehingga sampel penelitian berjumlah 3 kelas yang mewakili semua mahasiswa tiap jenjang semester sebanyak 59 orang yang mewakili populasi mahasiswa semester II, IV, dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,26 dan koefisien determinasi sebesar 6,97% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (2,11 > 2,00), (2) Terdapat hubungan antara sikap kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,40 dan koefisien determinasi sebesar 16,00% serta thitung yang diperoleh lebih besar dari pada ttabel (3,28 > 2,00), (3) Terdapat hubungan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan kimia dengan koefisien korelasi sebesar 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19,36% serta Fhitung yang diperoleh lebih besar dari pada Ftabel (6,72 > 3,16). Dengan persamaan regresi ganda = 81,45 + 0,0051 X1 - 0,0086 X2.
Kata Kunci: Sikap ilmiah, Kemampuan berpikir logis, Prestasi belajar
Download berkas