Penulis / NIM
APRILA PERDANA EKA CITRA LIPUTO / 441413024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
ABSTRAK
Aprila Perdana Eka Citra Liputo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explaint (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia (Suatu Penelitian di MAN 1 Kabupaten Gorontalo Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Nita Suleman, ST, MT.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang menerapkan model pembelajaran POE (Predict Observe Explaint) terhadap hasil belajar siswa pada materi termikimia di kelas XI IPA MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Sampel berjumlah 50 siswa yang tersebar didua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data menggunakan tes objektif beralasan sebagai instrumen yaitu tes materi termokimia. Analisis statistik menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasakan hasil statistik diperoleh jumlah nilai post-tes kelas eksperimen sebesar 1798 dengan rata-rata nilai 71,92 untuk kelas kontrol diperoleh jumlah nilai 1540 dengan rata-rata nilai 61,6. Hasil analisis data untuk hasil belajar siswa pada materi termokimia dalam signifikan 0,05 dengan dk = 48 diperoleh thitung > ttabel atau 3,3950 > 1,6772. H0 berada pada daerah penolakkan atau dengan kata lain menerima H1.
Kata Kunci: Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar, Termokimia
Download berkas