Penulis / NIM
NUR FITRI ANDRIANI / 441413029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
ABSTRAK
Nur Fitri Andriani 2020. ..."Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Pendekatan Quiz Team terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Gorontalo Pada Materi Koloid. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan quiz team terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik Probability Sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi koloid. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji-anacova. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas eksperimen yaitu 78,10 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata post-tes yaitu 68,28. Hasil analisis data untuk hasil belajar menunjukkan bahwa dalam taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 30,879 > 4,02 maka H0 ditolak atau dengan kata lain menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Quiz Team, Koloid
Download berkas